Sektor Konsumer Naik di Tahun Pemilu

Unit Usaha Syariah CIMB Niaga atau Bank CIMB Niaga Syariah optimistis bisa meraih pertumbuhan yang positif pada tahun depan di tengah banyaknya tantangan dalam perekonomian dalam negeri dan global.

“Ada banyak masalah kalau saya lihat. Likuiditas ketat, suku bunga naik, perang dagang Tiongkok-AS belum tahu ke depannya bagaimana. Tapi kita sudah tahu consumer pattern-nya bagaimana. Biasanya kalau tahun pemilu, consumer naik cukup tinggi,” ujar Direktur CIMB Niaga Syariah Pandji P Djajanegara usai Training Media di Bogor, Jumat, 7 Desember 2018.

Dia berharap capaian positif pada tahun ini bisa berlanjut pada tahun depan. Hingga September 2018, CIMB Niaga Syariah membukukan laba sebelum pajak atau profit before tax sebesar Rp525,5 miliar. Adapun pencapaian itu naik sebanyak 45,2 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Pencapaian laba itu yang akhirnya memicu pertumbuhan aset. Pandji mengatakan aset CIMB Niaga Syariah tumbuh 63,7 persen secara tahun ke tahun menjadi Rp31,2 triliun. Peningkatan aset ini didukung oleh kinerja penyaluran pembiayaan dan penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK).

Hingga 30 September 2018, total penyaluran pembiayaan tercatat sebesar Rp24,1 triliun atau naik sebanyak 62,5 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

“Keikutsertaan kami dalam berbagai proyek infrastruktur pemerintah menjadi salah satu kontributor utama untuk meningkatkan penyaluran pembiayaan di segmen bussiness banking. Untuk segmen consumer banking, kenaikan disumbang pembiayaan perumahan yang tumbuh secara positif,” tambah Pandji.

Lebih lanjut, Pandji menambahkan, CIMB Niaga Syariah terus meningkatkan DPK dengan fokusnya menggenjot dana murah. Langkah penguatan dilakukan di antaranya melalui kerja sama kartu debit tabungan iB ON Account dengan merchant Hijup dan Ria Miranda dalam menggarap segmen komunitas Muslim.

“Untuk menjaga profitabilitas dan keberlangsungan bisnis ke depan, kami akan memaksimalkan penawaran produk unggulan kepada nasabah, dan terus menghadirkan inovasi produk baru,” pungkasnya.